Sabtu, 25 Mei 2013

CIMAHI BLOG COMPETITION 2013



LEBIH DEKAT DENGAN CIMAHI

 

Kota Cimahi merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah barat Kota Bandung. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif. Bahasa keseharian yang sering digunakan warga cimahi adalah bahasa Sunda. Arti kata Cimahi dalam bahasa Sunda adalah air yang cukup.



Kota Cimahi ini mendapat julukan “Kota Tentara” karena menjadi pusat sekolah Pendidikan Militer seperti Pusdikjas, Pusdik Armed, Pusdik Bekang, Pusdik Hub, Pusdik POM, dan Pusdik Pal. Karena banyaknya sekolah pendidikan tentara sehingga banyak terlihat seragam berwarna hijau khususnya TNI-AD, Kota Cimahi ini juga mendapat julukan “Kota Hijau”. Tak heran jika banyak anak luar daerah yang menuntut sekolah kemiliteran di Cimahi.




Kota Cimahi mempunyai keunikan ragam budayanya. Salah satu ikon tradisi budaya di Kota Cimahi yaitu kampung Cireundeu yang memiliki suatu ciri khas dimana warganya mengkonsumsi singkong sebagai makanan pokoknya. Kampung Cireundeu telah dikukuhkan sebagai kampung adat karena sebagian besar warga Cireundeu masih memegang teguh ajaran Agama Jawa Sunda yang dibawa Pangeran Madrais dari Cigugur, Kuningan dan juga masih mempertahankan tradisi peringatan tahun baru Saka 1 Sura yang menjadi hajat rutinitas setiap tahunnya. Tidak mengherankan jika setiap 1 Sura, kampung ini selalu menjadi daerah tujuan sejumlah peneliti untuk mengetahui ritual-ritual saat tahun baru. Karena animo yang besar dari luar Cimahi untuk berkunjung ke kampung ini pada setiap 1 Sura, maka Cireundeu pun menjadi salah satu aset wisata Kota Cimahi.
 



Di Kota Cimahi juga masih banyak dijumpai kesenian-kesenian asli Jawa barat seperti Tari Jaipong, angklung, pencak silat, karawitan, dan wayang golek. Masih banyaknya kesenian yang terdapat di Kota Cimahi ini telah membuktikan bahwa Kota Cimahi masih melestarikan budaya asli Indonesia. Kota Cimahi juga merupakan salah satu kota yang memiliki ciri khas pada ragam batiknya. Saat ini batik Cimahi banyak digunakan sebagai batik seragam sekolah maupun baju dinas pegawai kota.




Nampaknya Kota Cimahi harus menjadi salah satu pilihan objek wisata yang harus dikunjungi para wisatawan karena Pemandangan alam di Kota Cimahi juga tak kalah dengan kota-kota besar yang lain. Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam air terjun di Curug Cimahi. Curug Cimahi merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya yang memiliki ketinggian sekitar 87 m dan juga termasuk aset pemasukan yang besar bagi pemerintah daerah. Di daerah sekitar pusat Pemerintah Kota Cimahi, terdapat Taman Rakyat dimana para pengunjung bisa jalan-jalan, olahraga dan berbelanja. Di Kota Cimahi juga menyediakan tempat wisata dimana para wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan Kota Cimahi dari atas gunung yaitu Alam Wisata Cimahi. Objek wisata lain yang dapat dijumpai di Kota Cimahi antara lain Taman Wisata Paku Haji, Lapangan BrigIf, Situ Ciburuy. Banyaknya objek wisata yang terdapat di KotaCimahi menjadikan kota ini sebagai salah satu kawasan pertumbuhan Kota Bandung di sebelah barat.


Publik figur yang telah sukses di Ibu kota Jakarta tak sedikit juga yang berasal dari kota Cimahi seperti grup band Jamrud, Harri Mukti, Tenty Kamal, dan yang paling tenar saat ini adalah Sule. Entis sutisna alias Sule merupakan jajaran artis ibu kota dan termasuk salah satu pelawak termahal di Indonesia. Pria ini asli dari putra daerah Cimahi yang dulunya seorang penjual jagung keliling. Sering kali sule berbicara dengan bahasa Sunda, hal ini membuktikan bahwa artis ibu Kota yang terkenal pun tidak melupakan budaya asli daerahnya. Sule juga mengucap kata-kata Cimahi di setiap performnya di layar kaca, Dengan demikian masyarakat luar bisa lebih mengetahui dan mengenal Cimahi.




Dengan mengenal lebih dekat dengan Kota Cimahi, kita akan tahu bahwa Kota Cimahi patut dinilai sebagai kota yang maju dan bebudaya. Hal ini dapat dilihat dari keragaman budayanya, pendidikan yang banyak didominasi pendidikan kemiliteran, objek wisatanya, dll. Banyak artis-srtis yang berasal dari Cimahi yang meramaikan jagad hiburan menandakan bahwa KotaCimahi melahirkan bakat-bakat yang bernilai tinggi bagi orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar